Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8213Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model discovery learning dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Hilisalawa’ahe, serta mengidentifikasi keunggulan dan tantangan dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta siswa. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: Pertama, dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Discovery Learning, guru melakukan asesmen awal untuk mengidentifikasi kesiapan, minat, dan gaya belajar siswa guna menyesuaikan metode pengajaran. Guru juga memberikan tugas dengan tingkat kesulitan berbeda serta memanfaatkan media interaktif untuk mendukung pemahaman siswa. Kedua, keunggulan penerapan model ini terletak pada kemampuannya meningkatkan pemahaman siswa; siswa lebih mudah memahami materi Pendidikan Pancasila karena metode ini menghubungkan konsep dengan konteks nyata. Selain itu, pendekatan ini mendorong kreativitas siswa dengan tugas yang fleksibel serta memberikan kesempatan untuk menyesuaikan pembelajaran dengan minat dan kemampuan masing-masing. Ketiga, kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu bagi guru dalam menyusun strategi yang tepat untuk pembelajaran yang beragam, serta beberapa siswa yang belum terbiasa dengan metode aktif seperti Discovery Learning mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan eksplorasi mandiri dan berpikir kritis.