Strategi Guru Pendidikan Pancasila dalam Perencanaan Pengajaran sebagai Teknologi Melalui Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8214Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru, kendala serta upaya untuk mengatasi kendala dalam strategi guru pendidikan pancasila dalam perencanaan pengajaran sebagai teknologi melalui kurikulum merdeka di UPTD SMP Negeri 4 Moro’o. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: Pertama, Strategi guru pendidikan pancasila dalam perencanaan pengajaran sebagai teknologi melalui kurikulum merdeka di UPTD SMP Negeri 4 Moro’o yakni strategi yang digunakan guru ialah strategi pembelajaran langsung dan strategi diskusi kelompok kepada siswa, dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran seperti menyuruh siswa untuk memberikan tanggapan dan melatih siswa untuk mengerjakan soal dengan berdiskusi dengan teman sebangku, hal ini lebih efektif ketimbang membentuk kelompok banyak. Kedua, Kendala Strategi guru pendidikan pancasila dalam perencanaan pengajaran sebagai teknologi melalui kurikulum merdeka di UPTD SMP Negeri 4 Moro’o yaitu keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi, siswa kurang tertarik untuk belajar. Ketiga, Upaya Strategi guru pendidikan pancasila dalam perencanaan pengajaran sebagai teknologi melalui kurikulum merdeka di UPTD SMP Negeri 4 Moro’o yakni pihak sekolah telah memberikan permohonan kepada dinas pendidikan terkait kekurangan alat multimedia, dapat dianggarkan melalui dana bos, keterbatasan alat teknologi dapat disesuaikan dengan jadwal/roster, selalu bertanya kepada guru, kepala sekolah selalu memperhatikan, mengawasi, memotivasi dan mengarahkan guru untuk menggunakan dan mengembangkan teknologi serta mengembangkan diri dengan belajar.