Pengembangan Media Diorama untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fotosintesis Tumbuhan Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8215Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Diorama untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fotosintesis Tumbuhan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah secara layak. Hal tersebut bahwa masih ada siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi fotosintesis tumbuhan. Pengembangan produk penelitian berupa media diorama ini didasarkan pada model penelitian ADDIE dengan menggunakan subyek siswa kelas IV MI Imami Kepanjen. Tahapan model ADDIE ada 5 yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kursioner (angket), dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi media yakni media desain sebesar 94,66% dengan kriteria “sangat layak”, hasil validasi materi sebesar 89,33% dengan kriteria “sangat layak”, hasil validasi pembelajaran sebesar 90,66% dengan kriteria “sangat layak”. Selain itu, media diorama juga memperoleh hasil penilaian angket kemenarikan yang diisi oleh respon siswa sebesar 89,70% sehingga media diorama dapat dikatakan sebagai media pengembangan yang sangat menarik.