Program Five Day's In Ma'had Sebagai Upaya Pembiasaan Karakter Religius

Authors

  • Regard Wildan Fahreza Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Sulton Firdaus Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Five Day’s In Ma’had sebagai upaya pembiasaan karakter religius siswa di SMP Abdi Marier Sumberanyar Paiton Probolinggo. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pembentukan karakter religius siswa dilakukan melalui beberapa program pembiasaan keagamaan, diantaranya: seperti pembacaan Asmaul Husna, doa sebelum pembelajaran, sholat Dhuha, sholat Dzuhur berjamaah, Yasin dan Tahlil, sholawat Dzibaiyah, One Night One Hadist, pembiasaan membaca surat-surat pendek serta Program Five Days in Ma’had. Program-program tersebut dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah. Faktor pendukung keberhasilan program ini adalah komitmen kepala sekolah, guru dan staf dalam memberikan teladan, serta tersedianya sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi perbedaan latar belakang keluarga siswa, keterbatasan waktu dan pengaruh lingkungan eksternal yang semakin kompleks. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pembiasaan yang diterapkan secara sistematis dan konsisten memberikan dampak positif dalam upaya pembentukan karakter religius siswa di SMP Abdi Marier Sumberanyar Paiton Probolinggo.

Published

2025-06-09

How to Cite

Fahreza, R. W., & Firdaus, S. . (2025). Program Five Day’s In Ma’had Sebagai Upaya Pembiasaan Karakter Religius. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6335-6343. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8234