Kartu Bergambar dalam Permainan Memory Game: Pendekatan Interaktif untuk Penguasaan Mufrodat Siswa

Authors

  • Lidiyah Habibatul Fuadiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
  • Umi Hanifah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
  • Theresia Akhadiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8239

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan kartu bergambar dalam permainan Memory Game dengan pendekatan interaktif untuk penguasaan mufrodat siswa kelas VIII di MTsN 1 Sidoarjo. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya penguasaan mufrodat siswa yang disebabkan oleh minimnya penggunaan metode pembelajaran inovatif dan kurangnya keterlibatan aktif dalam proses belajar. Sebagai solusi, dibutuhkan media pembelajaran interaktif yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metodologi penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental jenis One Group Pretest-Posttest Design. Pada awal sebelum perlakuan akan diberikan pre-test dan di akhir setelah pemberian perlakuan akan diberikan post-test, yang akan dinilai menggunakan rubrik penguasaan mufrodat. Dari hasil penelitian berdasarkan uji T menggunakan teknik Paired Sample T-Test yang diperoleh -9,400 dengan sig. (2-tailed) 0,000 dan df sebesar 30. Nilai probabilitas < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kartu bergambar dalam permainan Memory Game efektif secara signifikan pada siswa kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo. Temuan ini membuktikan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis permainan efektif dalam mengoptimalkan penguasaan mufrodat dan juga menciptakan suasana belajar yang lebih aktif serta menyenangkan.

Published

2025-06-09

How to Cite

Fuadiyah, L. H. ., Hanifah, U. ., & Akhadiyah, T. . (2025). Kartu Bergambar dalam Permainan Memory Game: Pendekatan Interaktif untuk Penguasaan Mufrodat Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6478-6483. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8239