Pengaruh Motifasi Belajar dan Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di UM Bima
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8240Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh motivasi belajar dan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap hasil belajar bahasa Arab di Universitas Muhammadiyah Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 31 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa dengan motivasi tinggi dan latar belakang pendidikan berbasis pesantren memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (p < 0,05), sementara variabel latar belakang pendidikan dan pengalaman tinggal di pondok tidak berpengaruh secara signifikan. Dengan demikian, motivasi belajar merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan belajar bahasa Arab. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran yang adaptif dan relevan.