Pengaruh Pemasaran Konten dan Pengalaman Pengguna terhadap Niat Pembelian

Authors

  • Abraham Abraham Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Kartika Imasari Tjiptodjojo Universitas Kristen Maranatha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran konten dan pengalaman pengguna terhadap niat pembelian pada platform TikTok Shop. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya penggunaan e-commerce dan social commerce di Indonesia, khususnya TikTok Shop yang menawarkan konten interaktif serta pengalaman belanja yang personal. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal. Sampel berjumlah 105 responden yang dipilih secara purposive sampling merupakan pengguna TikTok yang pernah berinteraksi dan memiliki niat membeli melalui TikTok Shop. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana yang memperlihatkan pemasaran konten dan pengalaman pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa keselarasan antara konten pemasaran yang efektif dan pengalaman pengguna yang baik merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan niat pembelian pada era digital.

Published

2025-06-09

How to Cite

Abraham, A., & Tjiptodjojo, K. I. (2025). Pengaruh Pemasaran Konten dan Pengalaman Pengguna terhadap Niat Pembelian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6465-6469. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8246