Strategi Pengajaran Pendidik dalam Menghadapi Siswa yang Kesulitan Membaca

Authors

  • Teti Dwi Andini Universitas Muhaid Setiabudi, Indonesia
  • Laelia Nurpratiwiningsih Universitas Muhaid Setiabudi, Indonesia
  • Farhan Saefudin Wahid Universitas Muhaid Setiabudi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengajaran pendidikyang diterapkan dalam menghadapi siswa kelas atas sekolah dasar yang mengalami kesulitan membaca. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme pendidikyang tercermin dalam kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian berperan penting dalam keberhasilan pembelajaran membaca. Namun, sejumlah hambatan seperti kurangnya pelatihan berkelanjutan, keterbatasan waktu, dan latar belakang sosial siswa turut memengaruhi efektivitas pengajaran. Studi ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, penggunaan pendekatan sosial-konstruktivis dalam pembelajaran, serta kolaborasi lebih erat antara guru, orang tua, dan pihak sekolah dalam menangani siswa yang kesulitan membaca.

Published

2025-06-09

How to Cite

Andini, T. D. ., Nurpratiwiningsih, L. ., & Wahid, F. S. . (2025). Strategi Pengajaran Pendidik dalam Menghadapi Siswa yang Kesulitan Membaca. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6563-6570. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8253