Tindak Tutur Direktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI MA YMPI Rappang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8254Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan fungsi tindak tutur direktif yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI MA YMPI Rappang. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui teknik rekaman, observasi, dan transkripsi interaksi pembelajaran. Analisis dilakukan berdasarkan struktur kalimat deklaratif, interogatif, dan imperatif, serta jenis tindak tutur direktif menurut teori Searle, seperti permintaan, larangan, pemberian izin, dan saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur direktif memiliki variasi bentuk dan fungsi yang berperan penting dalam memfasilitasi proses pembelajaran. Tindak tutur tersebut tidak hanya mengarahkan perilaku siswa, tetapi juga membentuk pola interaksi antara guru dan siswa yang berdampak pada efektivitas pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih komunikatif dan meningkatkan kualitas interaksi edukatif di dalam kelas.