Pengaruh persepsi harga, preferensi dan pengetahuan konsumen terhadap Keputusan Pembelian Obat OBH Combi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8256Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh persepsi harga, preferensi, dan pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian obat batuk OBH Combi di Apotek Kimia Farma 416, Yogyakarta, menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner terhadap 100 responden. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa persepsi harga tidak berpengaruh signifikan (signifikansi 0,950), sedangkan preferensi dan pengetahuan konsumen berpengaruh positif dan signifikan (signifikansi < 0,05). Ketiga variabel secara bersama-sama berkontribusi sebesar 66,4% terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran sebaiknya berfokus pada peningkatan preferensi dan edukasi konsumen, bukan hanya harga. Sehingga Apotek dan produsen disarankan untuk memperkuat pemahaman konsumen guna mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi para pemangku kepentingan di industri obat dalam menyusun dan melaksanakan strategi pemasaran yang lebih efektif.