Analisis Pendidikan Karakter Gemar Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah di Kelas III SD Negeri 1 Slagi Kabupaten Jepara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8257Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter gemar membaca pada siswa kelas III melalui Gerakan Literasi Sekolah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Gerakan Literasi Sekolah merupakan upaya sistematis yang dilakukan oleh sekolah untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis di kalangan siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji berbagai aktivitas Gerakan Literasi Sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Slagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 1 Slagi yang terstruktur dan didukung oleh berbagai pihak mampu mempengaruhi perkembangan karakter gemar membaca siswa. Siswa yang aktif dalam kegiatan literasi cenderung memiliki kebiasaan membaca yang lebih baik serta pengetahuan yang lebih luas. Selain itu, peran Kepala Sekolah dan guru sebagai fasilitator literasi, sarana prasarana, dan dukungan orang tua menjadi faktor penting dalam mendukung perkembangan karakter gemar membaca. Dengan demikian, gerakan literasi sekolah menjadi salah satu faktor kunci dalam membangun budaya literasi yang kuat di kalangan generasi muda.