Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Canva dengan Pendekatan Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8258Abstract
Dalam kondisi kurangnya variasi media pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis Canva dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di MA Miftahul Huda Prigen. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan mengumpulkan data melalui observasi, angket validasi ahli, serta pre-test dan post-test dengan desain one group pretest-posttest. Hasil menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan rata-rata penilaian ahli sebesar 92%, sangat praktis menurut guru (97,5%) dan siswa (91%), serta efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dari 67,14 menjadi 91,42 dan hasil belajar dari 62,64 menjadi 89,71. Hal ini membuktikan bahwa multimedia interaktif berbasis Canva dengan pendekatan PjBL layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak.