Pengaruh Metode Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Beritas Siswa Kelas VII MTs

Authors

  • Ishar Gunawan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Aswadi Aswadi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Rustam Efendy Rasyid Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Suardi Zain Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui sejauh mana pengaruh metode Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII MTs Darul Barah As’diyah kalepu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperimen, One Group Pretest and Postest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs darul Barakah As’diyah kalepu yang siswanya berjumalah 18 orang, Dimana laki-laki berjumlah 12 orang, dan Perempuan berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Teknis Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan perangkat Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) yang meliputi Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Paired Sampel t-Test. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode Project Based learning pada pembelajaran menulis tesk berita siswa kelas VII MTs Darul Barakah As’diyah Kalepu. Hal ini terlihat dari hasil uji t yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai rata-rata perbedaan sebesar -13,333 dengan nilai t sebesar -22,039 dan degrees of freedom (df) 17 dengan nilai signifikansi (sig.2-tailed) adalah 0,000. yang berarti lebih kecil dari 0,05. dengan demikian dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan dalam penggunaan metode Project based learning dalam pembelajaran menulis teks berita.

Published

2025-06-10

How to Cite

Gunawan, I., Aswadi, A., Rasyid, R. E. ., & Zain, S. . (2025). Pengaruh Metode Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Beritas Siswa Kelas VII MTs. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6660-6667. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8269