Hubungan Kreativitas dan Kemandirian Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Gugus Diponegoro

Authors

  • Anis Indira Dwi Saputri Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Sami Asih Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8274

Abstract

Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk kreativitas dan kemandirian belajar. Berdasarkan wawancara, masih terdapat potensi kreativitas dan kemandirian belajar yang bervariasi sehingga hasil belajar peserta didik bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kreativitas dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN Gugus Diponegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel penelitian yang diperoleh menggunakan teknik proporsional random sampling yaitu 111 peserta didik yang diambil dari jumlah populasi dalam penelitian kelas IV yang terdiri dari 155 peserta didik. Selanjutnya data analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat (terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas), serta uji hipotesis (terdiri dari uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukan nilai rhitung sebesar 0,743 termasuk dalam kategori kuat dan Fhitung sebesar 7,204 serta besarnya kontribusi sebesar 11,8%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kreativitas dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Gugus Diponegoro.

Published

2025-06-10

How to Cite

Saputri, A. I. D. ., & Asih, S. S. . (2025). Hubungan Kreativitas dan Kemandirian Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Gugus Diponegoro. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6700-6709. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8274