Efektivitas Metode Computational Thinking Berbantuan Media Digital Quizizz untuk Mengukur Kemampuan Literasi Digital Mendukung Program SDGs pada Siswa MTs Negeri Samarinda

Authors

  • Fatihah Az-Zahra Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Ruqoyyah Nasution Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Sonja V. T. Lumowa Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Nelda Anasthasia Serena Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas dari metode compuatational thinking dengan bantuan media digital quizizz dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa MTs Negeri Samarinda sebagai bagian dari upaya mendukung program SDGs, khususnya pada aspek pendidikan berkualitas dan literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment jenis pretest posttest control group design. Teknik analisis instrumen yang digunakan ialah uji validasi konstruk dan uji reliabilitas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah uji N-gain dan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji N-gain angket literasi digital pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi atau cukup efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,23 dengan kategori rendah atau tidak efektif. Uji N-gain tes pencemaran lingkungan kelas eksperimen sebesar 0,50 dengan kategori sedang atau cukup efektif, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,10 dengan kategori rendah atau tidak efektif. Lalu, hasil uji independent sample t-test pada angket literasi digital ialah 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat efektivitas metode compuional thinking berbantuan media digital quizizz untuk mengukur kemampuan literasi digital mendukung program SDGs pada siswa MTs Negeri Samarinda.

Published

2025-06-10

How to Cite

Az-Zahra, F. ., Nasution, R. ., Lumowa, S. V. T. ., & Serena, N. A. . (2025). Efektivitas Metode Computational Thinking Berbantuan Media Digital Quizizz untuk Mengukur Kemampuan Literasi Digital Mendukung Program SDGs pada Siswa MTs Negeri Samarinda. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6690-6699. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8275