Korelasi Antara Kemampuan Menghafal AlQuran Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Komparasi)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8280Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan menghafal Al-Quran dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPIT Al-Multazam 2 dan MTs Husnul Khotimah Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 112 siswa SMPIT Al-Multazam 2 dan 72 siswa MTs Husnul Khotimah. Data dikumpulkan melalui dokumentasi nilai hafalan Al-Quran dan nilai PAI siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan menghafal Al-Quran dengan prestasi belajar PAI di kedua sekolah. Koefisien korelasi di SMPIT Al-Multazam 2 sebesar 0,594, sedangkan di MTs Husnul Khotimah sebesar 0,516. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kemampuan menghafal Al-Quran berkontribusi sebesar 35,29% terhadap prestasi belajar PAI di SMPIT Al-Multazam 2 dan 26,62% di MTs Husnul Khotimah. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kemampuan menghafal Al-Quran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar PAI, meskipun terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi prestasi belajar siswa.