Pengaruh Persepsi Keramahan, Experienced Pleasure, dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8282Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi keramahan, experienced pleasure, dan literasi keuangan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan pada konsumen Gen Z, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi di salah satu universitas negeri di Indonesia. Sebanyak 100 responden mengisi kuesioner secara online. Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi keramahan, experienced pleasure, dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, experienced pleasure berperan sebagai mediator yang menghubungkan persepsi keramahan dengan keputusan pembelian. Literasi keuangan juga memoderasi hubungan tersebut dengan memperkuat pengaruh positif persepsi keramahan terhadap keputusan pembelian, namun melemahkan pengaruh experienced pleasure terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya pelayanan ramah dan pengalaman emosional positif dalam meningkatkan minat beli Gen Z, namun di sisi lain literasi keuangan mengarahkan konsumen untuk lebih rasional dalam pengambilan keputusan pembelian. Implikasi praktis bagi perusahaan adalah meningkatkan kualitas layanan dan memberikan edukasi keuangan untuk menyesuaikan strategi pemasaran pada.