Pengembangan Jobsheet Berbasis Project Based Learning pada Mata Kuliah Praktik Pemesinan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya

Authors

  • Septa Yoga Tri Putra Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Rudi Hermawan Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8284

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi di lapangan yang menunjukkan bahwa jobsheet yang telah ada sebelumnya belum mengadopsi pendekatan pembelajaran berbasis Project Based Learning. Oleh karena itu, tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kevalidan dan kepraktisan jobsheet berbasis PjBL pada mata kuliah Praktik Pemesinan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penilaian terhadap jobsheet dilakukan melalui penyebaran kuesioner validasi kepada ahli materi dan ahli media, serta melalui uji coba lapangan yang melibatkan mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya sebagai responden. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan rata-rata skor sebesar 4,85 yang termasuk dalam kategori sangat valid. Dan, hasil validasi oleh ahli media memberikan nilai rata-rata sebesar 4,25 yang juga tergolong dalam kategori sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jobsheet berbasis PjBL tersebut layak baik dari segi isi maupun tampilan. Selanjutnya, hasil uji coba lapangan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 4,13, yang menunjukkan bahwa jobsheet berbasis PjBL ini sangat praktis digunakan dalam kegiatan praktikum. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa jobsheet berbasis Project Based Learning yang dikembangkan untuk mata kuliah Praktik Pemesinan ini telah memenuhi kriteria valid dari segi kelayakan isi dan tampilan, serta sangat praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di lingkungan pendidikan teknik.

Published

2025-06-04

How to Cite

Putra, S. Y. T. ., & Hermawan, R. . (2025). Pengembangan Jobsheet Berbasis Project Based Learning pada Mata Kuliah Praktik Pemesinan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5893-5898. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8284