Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Pajak Penghasilan Berbasis Canva Pada Pembelajaran Perpajakan di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8285Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul Pajak Penghasilan berbasis Canva dalam pembelajaran perpajakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan saat ini masih bersifat konvensional dan kurang menarik, sehingga kurang mendukung pemahaman siswa terhadap materi perpajakan yang bersifat konseptual dan aplikatif. Guru menginginkan media ajar yang lebih interaktif, visual, dan mudah diakses. Sementara itu, siswa menyatakan minat tinggi terhadap penggunaan media digital berbasis Canva karena tampilannya menarik dan membantu pemahaman materi. Dengan demikian, pengembangan e-modul Pajak Penghasilan berbasis Canva dinilai relevan dan dibutuhkan sebagai solusi pembelajaran yang inovatif, efektif, dan sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka.