Penerapan Media Happy Notes dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyyah untuk Meningkat Minat Belajar Siswa

Authors

  • Yeni Farihatul Abadiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Dzulfikar Akbar Romadlon Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Happy Notes terhadap minat belajar dan motivasi siswa kelas VI SD Muhammadiyah 01 Krembung dalam mempelajari huruf hijaiyyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yang terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung terhadap proses pembelajaran, catatan lapangan, tes untuk mengukur kemampuan siswa dalam mempelajari huruf hijaiyyah, dan dokumentasi foto serta video untuk memantau proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik untuk mengetahui pengaruh media Happy Notes terhadap minat belajar dan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Happy Notes dalam pembelajaran huruf hijaiyyah di kelas VI SD Muhammadiyah 01 Krembung dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu mereka memahami huruf hijaiyyah dengan lebih baik. Metode ini inovatif dan interaktif, memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan menarik. naraDengan demikian, media Happy Notes dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran huruf hijaiyyah di sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan peneliti lain untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif dalam meningkatkan minat belajar dan motivasi siswa.

Published

2025-06-05

How to Cite

Abadiyah, Y. F. ., & Romadlon, D. A. . (2025). Penerapan Media Happy Notes dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyyah untuk Meningkat Minat Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6275-6284. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8287