Efektivitas Instagram @Pemkotbogor sebagai Media Informasi Publik: Analisis Kepuasan Masyarakat Kota Bogor Berbasis Data
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8291Abstract
Media sosial saat ini menjadi alat strategis dalam penyebaran informasi publik, termasuk oleh pemerintah daerah kepada masyarakat. Instagram @pemkotbogor, sebagai akun resmi Pemerintah Kota Bogor, dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat. Penelitian terapan ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Instagram @pemkotbogor sebagai media informasi publik berdasarkan pada tingkat kepuasan masyarakat Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, data dikumpulkan menggunakan kuesioner online berbasis skala Likert terhadap 156 responden yang merupakan warga Kota Bogor dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana menggunakan software SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan prinsip Uses and Gratifications dalam Instagram @pemkotbogor dengan tingkat kepuasan masyarakat Kota Bogor. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 27.6% variasi kepuasan masyarakat Kota Bogor dapat dijelaskan oleh efektivitas Instagram @pemkotbogor. Hasil analisis tersebut menegaskan bahwa kecepatan penyebaran informasi, kejelasan informasi serta daya tarik konten memiliki pengaruh penting terhadap kepuasan masyarakat. Hasil ini menunjukkan bahwa media sosial, khususnya Instagram, dapat menjadi sarana komunikasi dua arah yang efektif antara pemerintah kota dengan masyarakat. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi komunikasi digital pemerintah dengan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas konten dan interaksi guna memperkuat hubungan antara pemerintah dengan masyarakat.