Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Qurratu A’yunina Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Muhammad Mushfi El Iq Bali Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Zaini Gunawan Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 383 Gresik dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa. Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, memungkinkan siswa lebih aktif dalam mengeksplorasi ide dan mengembangkan potensi mereka secara mandiri. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka berdampak positif terhadap kreativitas dan kemandirian siswa. Siswa yang belajar dengan metode berbasis proyek lebih aktif bertanya, bekerja sama, serta menunjukkan kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, mereka merasa lebih termotivasi karena dapat menentukan cara belajar yang sesuai dengan minat dan potensi masing-masing. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala dalam implementasi kurikulum ini, seperti kesulitan guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan siswa yang beragam dan keterbatasan sumber daya pendukung. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada kesiapan guru serta dukungan kebijakan pendidikan yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan bagi pendidik, penyediaan fasilitas pembelajaran yang lebih modern, serta evaluasi berkala terhadap implementasi kurikulum ini. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi peran evaluasi pembelajaran dan keterlibatan orang tua dalam mendukung keberhasilan Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar.

Published

2025-06-05

How to Cite

A’yunina, Q. ., Bali, M. M. E. I. ., & Gunawan, Z. . (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6108-6116. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8294