Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8295Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode outdoor learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Probolinggo serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode outdoor learning yang didukung oleh perencanaan matang dan pemanfaatan lingkungan sekitar madrasah, seperti taman edukasi dan ruang terbuka, mampu menciptakan suasana belajar yang lebih hidup, dan menyenangkan. Aktivitas seperti tadabbur alam, praktik ibadah di alam terbuka, dan diskusi kelompok tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI, tetapi juga memperkuat motivasi keterlibatan, serta kemampuan berpikir kritis dan reflektif. Faktor pendukung utama keberhasilan penerapan metode outdoor learning adalah kesiapan perangkat pembelajaran, dukungan lingkungan sekolah, dan keterlibatan guru. Sementara itu, kendala seperti keterbatasan waktu dan cuaca dapat diatasi melalui perencanaan yang adaptif. Secara keseluruhan, outdoor learning terbukti sebagai strategi pembelajaran inovatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan membentuk karakter siswa secara menyeluruh.