Pembelajaran Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alqur’an Siswa Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8296Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an anak usia dini di TPQ Jamiatul Qurro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis data yang dilakukan menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Data yang digunakan mencakup data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan ustadz dan ustadzah TPQ Jamiatul Qurro, serta data sekunder yang diambil dari artikel, jurnal ilmiah, dan dokumen relevan lainnya. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan observasi partisipatif, yang memungkinkan peneliti untuk memahami kemampuan membaca Al-Qur`an anak usia dini di TPQ Jamiatul Qurro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran di TPQ Jamiatul Qurro dimulai dari hari Senin sampai dengan Jumat pukul 14.00 s.d 16.00 WIB. Proses pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan do'a atau penutup. (2) Metode qiroati menurut para santri dan wali santri di pandang cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca alquran karena bacaan mudah dipahami.