Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Mengurangi Kecemasan Belajar Matematika pada Siswa Kelas V MI Al-Huda

Authors

  • Gina Rizky Romdaniah Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Ahmad Sahidah Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam mengurangi kecemasan belajar matematika pada siswa kelas V MI Al-Huda, Buleleng, Bali. Latar belakang penelitian didasarkan pada temuan bahwa siswa sering menunjukkan kecemasan, ketakutan, dan kurang percaya diri saat mengikuti pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V dan guru mata pelajaran matematika. Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan positif pada ekspresi dan partisipasi siswa setelah penerapan Wordwall. Wawancara dengan guru menunjukkan peningkatan efisiensi waktu pembelajaran serta perubahan sikap siswa menjadi lebih aktif dan percaya diri. Data angket yang disebarkan kepada 26 siswa menunjukkan skor rata-rata efektivitas sebesar 78,26%, yang dikategorikan sebagai “sangat efektif”. Temuan ini mengindikasikan bahwa Wordwall mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta secara signifikan menurunkan tingkat kecemasan belajar siswa. Media ini terbukti tidak hanya mendukung pencapaian tujuan kognitif, tetapi juga memfasilitasi kenyamanan emosional siswa, yang termasuk dalam domain afektif menurut taksonomi Bloom. Dengan demikian, penggunaan Wordwall direkomendasikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran inovatif dalam mengatasi hambatan afektif, khususnya kecemasan belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan lembaga pendidikan dalam merancang pembelajaran yang lebih humanistik dan efektif.

Published

2025-06-05

How to Cite

Romdaniah, G. R. ., & Sahidah, A. . (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Mengurangi Kecemasan Belajar Matematika pada Siswa Kelas V MI Al-Huda. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6132-6139. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8297