Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8299Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dimensi-dimensi keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan yakni studi pustaka atau library research. Pengumpulan data tersebut menggunakan cara mencari sumber dan menkontruksi dari berbagi sumber seperti buku, jurnal dan riset-riset yang sudah pernah dilakukan. Hasil penelitian secara konsisten menggarisbawahi peran sentra kompetensi manajerial kepala sekolah, yang meliputi keterampilan konseptual, administratif, dan interpersonal, dalam meningkatkan mutu pendidikan di berbagai tingkatan dan konteks sekolah. Keterampilan konseptul menjadi landasan dalam merumuskan visi misi dan perencanaan strategis, keterampilan administrative memastikan pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan program yang efektif, sementara keterampilan interpersonal membangung iklim kolaboratif dan memotivasi seluruh elemen sekolah. Meskipun efektivitas kompetensi ini bersifat kontekstual, penguasaaan ketiganya secara holistik oleh kepala sekolah merupakan kunci utama dalam mewujudkn mutu pendidikan yang lebih baik.