Pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Revisit Intention di Taman Margasatwa Ragunan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8305Abstract
Taman Margasatwa Ragunan merupakan salah satu kebun binatang tertua dan terbesar di Indonesia yang berlokasi di Jakarta Selatan, serta menjadi destinasi wisata edukatif dan rekreatif yang populer di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Memorable Tourism Experience (MTE) terhadap Revisit Intention (Minat Berkunjung Kembali) pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan. MTE merupakan konsep yang mencakup pengalaman wisata yang berkesan dan berimplikasi pada perilaku wisatawan di masa depan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan populasi pada jumlah pengunjung TMR tahun 2024, serta jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan adalah metode Non-Probability Sampling dengan teknik Convenience Sampling atau Accidental Sampling, yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil dari penelitian menunjukkan uji validitas dan reliabilitas, diketahui pada setiap dimensi dan pernyataan memiliki hasil yang valid dan reliabel. Pada Uji T diketahui variabel MTE mempunyai pengaruh signifikan yang baik terhadap RI. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh dari variabel MTE terdapat pengaruh sebesar 46,9% terhadap variabel RI. Serta pada hasil uji heteroskedastisitas dan normalitas dapat diketahui tidak terjadi gejala terhadap uji tersebut sehingga dapat berdistribusi normal.