Pengaruh Penggunaan Modul Ajar Intrakurikuler Diferensiasi terhadap Peningkatan Kompetensi Kognitif Bidang Studi Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8320Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penerapan modul ajar intrakurikuler diferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan kemampuan kognitif murid kelas VI SDN 006 Tabone. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan kognitif murid melalui penerapan modul ajar intrakurikuler diferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI SDN 006 Tabone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ini adalah (mixed methods research) yaitu metode penelitian kombinasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 006 Tabone Kabupaten Mamasa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Dari hasil pengolalan data sebelum dan sesudah penerapan modul ajar intrakurikuler diferensiasi diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia setelah menggunakannya. Hasil ini dapat dilihat pada skor rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia murid kelas VI dengan pre-test yaitu 63,74 berada pada kategori sedang dan skor rata-rata pada pos-test yaitu 78,40 berada pada kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan modul ajar intrakurikuler diferensiasi mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan kognitif murid.