Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Manajemen Keuangan Sekolah: Sebuah Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8325Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi di berbagai sektor, termasuk dalam pengelolaan keuangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan sekolah, khususnya dalam konteks pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur (literature review) dengan analisis tematik terhadap 12 literatur terpilih yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi melalui sistem keuangan digital, aplikasi berbasis web, dan perangkat lunak akuntansi mampu meningkatkan efisiensi administrasi keuangan, transparansi dan akuntabilitas, kemampuan pelaporan dan monitoring, integrasi data, serta memperkuat budaya tertib administrasi di sekolah. Namun, tantangan seperti keterbatasan pelatihan, infrastruktur yang belum merata, dan keamanan data masih menjadi hambatan yang perlu diatasi. Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta dukungan kebijakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi demi terwujudnya tata kelola keuangan sekolah yang profesional dan akuntabel.