Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Anyflip IPAS Kekayaan Budaya Indonesia guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8335Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan bahan ajar berbantuan aplikasi anyflip IPAS kekayaan budaya Indonesia guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Kalibanteng Kulon 02 kota Semarang. Jenis penelitian ini research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, instruen angket penilaian ahli materi dan media, instrumen penilaian tanggapan guru dan siswa, serta soal pretest dan posttest. Analisis data yang diterapkan yakni teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Perolehan penelitian menyatakan kelayakan ahli materi dengan perolehan skor 88,3% masuk kategori sangat layak dan ahli media memperoleh 86,6% masuk kategori sangat layak. Selain itu juga didukung atas pendapatan jawaban guru sejumlah 100% serta perolehan respon siswa sejumlah 98%. Keefektifan bahan ajar berbantuan aplikasi anyflip IPAS berdasarkan hasil belajar ranah kognitif siswa mengalami peningkatan dengan menguji normalitas data pretest dan posttest berdistribusi normal. Perolehan uji t-test ditunjukkan adanya perubahan hasil belajar pretest dan posttest dengan perolehan rerata masuk kategori sedang melalui N.Gain. Temuan ini menunjukkan bahan ajar berbantuan aplikasi anyflip IPAS kekayaan budaya Indonesia yang didesain secara menarik berhasil diterapkan pada kegiatan pembelajaran guna mengoptimalkan hasil belajar siswa.