Pengembangan Media Pembelajaran Snake And Ladders Math untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V

Authors

  • Ro’ikhatul Jannah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Sami Asih Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas Snake and Ladders Math, media pembelajaran berbasis digital, dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Jatibarang 02, Kecamatan Mijen, Kota Semarang pada materi pecahan. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan persentase kelayakan masing-masing sebesar 87% dan 84% (kategori sangat layak). Hasil uji penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 47,5 (pretest) menjadi 75,90 (posttest) dengan N-Gain sebesar 0,5499 (kategori sedang). Uji paired sampel t-test menghasilkan signitikansi 0,000 (<0,05) yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Media ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa melalui tampilan  yang interaktif dan menyenangkan.

Published

2025-06-10

How to Cite

Jannah, R. ., & Asih, S. S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Snake And Ladders Math untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6776-6785. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8353