Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tokopedia Surabaya

Authors

  • Andy Atalla Ariputra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Herypudjo Pudjoprastyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian di marketplace Tokopedia, khususnya di wilayah Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tren belanja online yang terus meningkat serta penggunaan media sosial sebagai media promosi yang semakin intens oleh para pelaku bisnis. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 99 responden yang dipilih secara purposive sampling. Kriteria responden mencakup pengguna Tokopedia yang berdomisili di Surabaya, pernah melakukan transaksi, dan telah melihat promosi Tokopedia dari influencer. Data dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) influencer marketing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) brand awareness berpengaruh positit dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Temuan ini menyarankan bahwa perusahaan perlu memaksimalkan strategi digital marketing, terutama melalui influencer yang kredibel dan membangun kesadaran merek yang kuat untuk mendorong keputusan pembelian di platform Marketplace.

Published

2025-07-08

How to Cite

Ariputra, A. A. ., & Pudjoprastyono, H. (2025). Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tokopedia Surabaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7826-7831. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8355