Peningkatan Motivasi Belajar Santri pada Program Pembelajaran Al-Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8357Abstract
Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Mubarok Pajo, NTB, tidak hanya menekankan pada jumlah hafalan dan tajwid, tetapi juga membekali santri dengan materi dari kitab Adab Hamalatil Qur’an karya Imam An-Nawawi, yang mengajarkan sikap hormat terhadap Al-Qur’an. Pembelajaran ini dilakukan setiap hari Sabtu untuk memperkuat hafalan dan pemahaman santri. Keberhasilan program bergantung pada manajemen waktu yang baik, lingkungan yang kondusif, serta kompetensi Ustadz/Ustadzah dalam bidang Tahfidz, Tahsin, dan pemahaman tingkat hafalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengkaji secara mendalam program ini melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa pelaksanaan sudah cukup baik, namun masih diperlukan peningkatan guna mencapai hasil yang optimal, dengan memperhatikan faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar santri.