Analisis Keterampilan Literasi Digital Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Robi’atul Adawiyah Asfaraini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Ermawati Zulikhatin Nuroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8362

Abstract

Pembelajaran literasi digital adalah pendidikan inovatif dan efektif yang memanfaatkan media berbasis digital. Pembelajaran literasi digital telah diterapkan di SD Muhammadiyah 3 IKROM Wage. Berdasarkan temuan sementara di lapangan, motivasi belajar siswa tergolong rendah karena guru masih menggunakan metode pengajaran tradisional. Penelitian ini bertujuan menjelaskan keterampilan literasi digital guru di SD Muhammadiyah 3 IKROM Wage melalui pendekatan studi kasus kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang memiliki keterampilan literasi digital berdampak positif terhadap proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, guru masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan teknologi, kurangnya instruksi, dan fasilitas pendukung yang minim. Karenanya, pihak sekolah perlu berupaya memberikan pelatihan literasi digital dan menyediakan sumber daya yang memadai.

Published

2025-07-03

How to Cite

Asfaraini, R. A., & Nuroh, E. Z. (2025). Analisis Keterampilan Literasi Digital Guru di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7074-7087. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8362