Pengembangan LKPD Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship pada Materi Benzena untuk Fase F SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8369Abstract
Efektivitas pembelajaran dipengaruhi oleh kesesuaian model dan kualitas bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa. Dalam menghadapi tantangan abad ke-21, diperlukan pembelajaran yang mendorong keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Namun, penerapan pembelajaran berbasis proyek dan ketersediaan materi pendukung kurikulum merdeka masih terbatas. Kimia memiliki keterkaitan kuat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat dimanfaatkan untuk melatih keterampilan abad ke-21 melalui produk bernilai ekonomi dalam konsep chemoentrepreneurship (CEP). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Project Based Learning berorientasi Chemoentrepreneurship pada topik benzena untuk Fase F SMA/MA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Educational Design Research (EDR) dengan model Plomp, yang mencakup tiga tahap: preliminary research, prototyping, dan assessment. Penelitian dibatasi hingga tahap pengembangan prototipe dan uji praktikalitas. Validasi dilakukan oleh lima ahli, terdiri atas tiga dosen Kimia FMIPA UNP dan dua guru kimia. Uji kepraktisan melibatkan dua orang guru serta sembilan peserta didik Fase F di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Hasil analisis validitas menggunakan rumus Aiken’s V memperoleh skor 0,83, yang menunjukkan bahwa LKPD berada dalam kategori valid. Sementara itu, uji kepraktisan menunjukkan tanggapan yang sangat baik, dengan persentase 92% dari siswa dan 86% dari guru. Berdasarkan temuan tersebut, LKPD berbasis project based learning berorientasi chemoentrepreneurship pada materi benzena untuk Fase F SMA/MA yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis, serta dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.