Integrasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Mutu Pendidikan

Authors

  • Dini Sakti Natavia Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Azainil Azainil Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Muhammad Ramli Buhari Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk integrasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam mendukung mutu penyelenggaraan pendidikan di SMK Negeri 5 Balikpapan. Fokus utama penelitian terletak pada pemanfaatan SIM dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta studi dokumentasi terkait penggunaan SIM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi SIM telah mempermudah proses administrasi akademik, meningkatkan efisiensi kerja tenaga kependidikan, serta mempercepat proses pengambilan keputusan berbasis data yang akurat dan real-time. SIM juga berperan penting dalam meningkatkan koordinasi antar unit kerja dan transparansi pengelolaan sekolah. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat kendala berupa keterbatasan infrastruktur teknologi, seperti jaringan internet yang tidak stabil, serta rendahnya literasi digital sebagian guru dan staf. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi digital, penguatan sarana dan prasarana teknologi, serta komitmen manajemen sekolah dalam mengawal implementasi SIM agar penerapan sistem ini dapat berlangsung optimal dan berkelanjutan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di lingkungan SMK Negeri 5 Balikpapan.

Published

2025-07-03

How to Cite

Natavia, D. S., Azainil, A., Haeruddin, H., & Buhari, M. R. (2025). Integrasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7063-7073. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8374