Integrasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8374Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk integrasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam mendukung mutu penyelenggaraan pendidikan di SMK Negeri 5 Balikpapan. Fokus utama penelitian terletak pada pemanfaatan SIM dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta studi dokumentasi terkait penggunaan SIM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi SIM telah mempermudah proses administrasi akademik, meningkatkan efisiensi kerja tenaga kependidikan, serta mempercepat proses pengambilan keputusan berbasis data yang akurat dan real-time. SIM juga berperan penting dalam meningkatkan koordinasi antar unit kerja dan transparansi pengelolaan sekolah. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat kendala berupa keterbatasan infrastruktur teknologi, seperti jaringan internet yang tidak stabil, serta rendahnya literasi digital sebagian guru dan staf. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi digital, penguatan sarana dan prasarana teknologi, serta komitmen manajemen sekolah dalam mengawal implementasi SIM agar penerapan sistem ini dapat berlangsung optimal dan berkelanjutan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di lingkungan SMK Negeri 5 Balikpapan.