Studi Implementasi Sentra Kriya Rumah Pintar Sebagai Model Pembelajaran Life Skills Berbasis Masyarakat

Authors

  • Maulida Wuri Pawestri Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hendra Dedi Kriswanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8376

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi sentra kriya sebagai model pembelajaran life skills untuk memberikan ilmu keterampilan dalam bidang kerajinan serta meningkatkan kemandirian masyarakat. Diharapkan melalui pelatihan ini, peserta mampu menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai jual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model pembelajaran, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, pada pelatihan sentra kriya di Sanggar Ngisor Pelem, Kota Semarang. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelatihan, serta merumuskan strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan keterampilan guna mendukung pendidikan nonformal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sentra kriya sebagai model pembelajaran life skills mencakup tiga komponen utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelatihan, serta strategi pelibatan masyarakat. Faktor pendukung meliputi kompetensi instruktur, partisipasi aktif masyarakat, dan tersedianya sarana prasarana yang memadai. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kondisi cuaca yang tidak menentu dan kurangnya minat masyarakat untuk mengikuti pelatihan sentra kriya.

Published

2025-07-03

How to Cite

Pawestri, M. W., & Kriswanto, H. D. . (2025). Studi Implementasi Sentra Kriya Rumah Pintar Sebagai Model Pembelajaran Life Skills Berbasis Masyarakat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7116-7124. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8376