Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek melalui Aplikasi KBM App pada Siswa Kelas XI 4 SMA Negeri Arjasa

Authors

  • Cucuk Krisdianti Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Heni Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Dina Merdeka Citraningrum Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Endah Sulistyawati Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Linda Agustiningsih Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Shufi Syahbana Putera Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa melalui pemanfaatan aplikasi KBM App sebagai media pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI 4 SMA Negeri Arjasa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes menulis cerita pendek, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah penggunaan KBM App. Peningkatan terlihat pada aspek struktur cerita, penggunaan bahasa, serta kreativitas dalam menulis. Pada akhir siklus kedua, jumlah siswa yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 47% menjadi 86%. Temuan ini membuktikan bahwa aplikasi KBM App dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa, khususnya dalam menulis cerita pendek.

Published

2025-06-10

How to Cite

Krisdianti, C. ., Sari, H. P. ., Citraningrum, D. M. ., Sulistyawati, E. ., Agustiningsih, L. ., & Putera, S. S. . (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek melalui Aplikasi KBM App pada Siswa Kelas XI 4 SMA Negeri Arjasa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6804-6807. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8390