Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas XI 3 SMA Negeri Arjasa Jember
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8391Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, peningkatan keterampilan, dan perubahan sikap siswa kelas XI 3 SMA Negeri Arjasa dalam menulis puisi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan latihan terbimbing. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dan minat siswa dalam menulis puisi, sebagaimana terlihat dari nilai yang berada di bawah KKM serta sikap pasif terhadap pembelajaran sastra. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes menulis puisi dan instrumen nontes seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dan latihan terbimbing efektif meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa sebesar 55,97 dan hanya sebagian kecil siswa yang mencapai ketuntasan. Namun, setelah penerapan strategi yang lebih terstruktur pada siklus II, semua siswa (100%) berhasil mencapai nilai di atas KKM, dengan 77,78% siswa memperoleh nilai baik dan 22,22% sangat baik. Selain peningkatan nilai, sikap siswa terhadap pembelajaran menulis puisi juga mengalami perubahan positif, ditandai dengan peningkatan keaktifan, rasa percaya diri, dan minat dalam mengungkapkan ide melalui karya sastra. Dengan demikian, pembelajaran inkuiri dan latihan terbimbing terbukti dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan keterampilan dan sikap apresiatif siswa terhadap puisi.