Inovasi Teknologi dalam Mengembangkan Asesmen Psikomotorik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8392Abstract
Asesmen psikomotorik dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan penting dalam mengukur keterampilan praktis keagamaan sisa, seperti shalat, wudhu, tilawah, dan praktik ibadah lainnya. Dalam era digital, pendekatan konvensional dalam penilaian mengalami tantangan efektivitas dan efisiensi. Artikel ini mengkaji berbagai inovasi teknologi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas asesmen psikomotorik dalam pembelajaran PAI. Metode kajian dilakukan melalui studi pustaka terhadap sumber-sumber relevan yang mencakup pengintegrasian teknologi dalam pendidikan Islam. Teknik analisis konten akan digunakan untuk mengidentifikasi tema-tema kunci, pola, dan tren dalam literatur yang ada. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan video praktik, e-portfolio, aplikasi mobile, hingga teknologi Augmented Reality (AR) dapat memperkaya proses asesmen psikomotorik secara objektif, fleksibel, dan mendalam. Meskipun demikian, penerapan teknologi perlu diimbangi dengan perhatian terhadap validitas penilaian, aspek spiritualitas, dan keterbatasan akses digital. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru, sekolah, dan pengembang teknologi sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sistem penilaian yang komprehensif dan membentuk karakter religius peserta didik secara utuh.