Implementasi The Hidden Curriculum dalam Pembentukan Akhlak Siswa di MA Muallimat Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8394Abstract
Pendidikan memegang peran penting dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Di tengah tantangan modern seperti kemunduran moral, perundungan, kekerasan seksual, dan pengaruh negatif teknologi, pembentukan akhlak menjadi hal yang sangat mendesak. MA Mu’allimat Kota Malang, sebagai lembaga pendidikan Islam, menerapkan hidden curriculum yakni nilai-nilai dan kebiasaan yang tidak tertulis dalam kurikulum formal namun memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan akhlak siswa melalui interaksi sosial, kebiasaan, dan kegiatan keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif-analisis. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk implementasi hidden curriculum dan dampaknya terhadap akhlak siswa, serta mengidentifikasi nilai-nilai akhlak yang ditanamkan melalui hidden curriculum di MA Mu’allimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti program tahfidz, Madrasah Diniyah Pagi, shalat berjamaah, serta ekstrakurikuler keagamaan mampu membentuk kedisiplinan, tanggung jawab, adab, dan spiritualitas siswa. Nilai-nilai akhlak ditanamkan melalui pembiasaan yang konsisten, mencakup aspek personal, sosial, dan spiritual. Hidden curriculum terbukti menjadi fondasi penting dalam pembentukan kepribadian islami siswa secara menyeluruh.