Identifikasi dan Asesmen Anak Berkesulitan Belajar Spesifik di Kelas Inklusif

Authors

  • Indah Auliya Muchtar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Susetyo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iding Tarsidi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8408

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kemampuan akademik dasar seorang siswa sekolah dasar yang diduga mengalami hambatan belajar spesifik melalui asesmen individual. Metode kualitatif dengan desain studi kasus digunakan dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah inklusif dengan subjek penelitian meliputi guru, orangtua, dan seorang siswa perempuankelas II SD berusia 8 tahun yang menunjukkan gejala frustrasi dalam membaca. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek mengalami kesulitan dalam hampir seluruh aspek membaca. Guru diharapkan merancang program intervensi yang lebih tepat sasaran, termasuk pelatihan fonologis dasar, pelibatan multisensori dalam belajar membaca, serta dukungan dari lingkungan rumah dan sekolah secara konsisten dan kolaboratif.

Published

2025-07-03

How to Cite

Muchtar, I. A., Susetyo, B., & Tarsidi, I. (2025). Identifikasi dan Asesmen Anak Berkesulitan Belajar Spesifik di Kelas Inklusif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7144-7147. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8408