Identifikasi dan Asesmen Anak Berkesulitan Belajar Spesifik di Kelas Inklusif
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8408Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kemampuan akademik dasar seorang siswa sekolah dasar yang diduga mengalami hambatan belajar spesifik melalui asesmen individual. Metode kualitatif dengan desain studi kasus digunakan dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah inklusif dengan subjek penelitian meliputi guru, orangtua, dan seorang siswa perempuankelas II SD berusia 8 tahun yang menunjukkan gejala frustrasi dalam membaca. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek mengalami kesulitan dalam hampir seluruh aspek membaca. Guru diharapkan merancang program intervensi yang lebih tepat sasaran, termasuk pelatihan fonologis dasar, pelibatan multisensori dalam belajar membaca, serta dukungan dari lingkungan rumah dan sekolah secara konsisten dan kolaboratif.