Analisis Penyebab Grounding Kapal XYZ saat Memasuki Narrow Channel Pulau Baai dengan iFishbone Analysis
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8416Abstract
Grounding dapat menyebabkan bahaya tambahan seperti hancurnya lingkungan sekitar akibat tumpahan minyak, kebakaran, tenggelamnya kapal, dan rusaknya habitat laut akibat terkena lambung kapal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kapal MT. Kasim mengalami grounding 2) Apa hal-hal yang harus dilakukan pada saat kapal mengalami grounding 3) Bagaimana upaya pencegahan yang harus dilakukan untuk menghindari grounding. Pada penelitian kali ini peneliti melakukan penelitian selama 12 bulan ketika peneliti sedang melaksanakan praktek berlayar, dengan lokasi penelitian di kapal MT. Kasim. Metode yang digunakan oleh peneliti kali ini adalah fishbone analysis. Berdasarkan analisis faktor penyebab grounding MT. Kasim antara lain kondisi draft yang tidak sesuai dengan kedalam alur, pengambilan keputusan operasional yang kurang tepatnya untuk melakukan olah gerak ketika pasang sudah selesai, kondisi cuaca ekstrim, tidak adanya buoy penanda dangkalan, dan ramainya lalu lintas nelayan. Upaya yang dilakukan agar kejadian tersebut tidak terjadi kembali adalah mempertimbangkan draft saat memasuki alur dengan keterbatasan kedalaman, melakukan koordinasi dengan kepanduan dan agen kapal, pemasangan buoy sebagai pemandu visual dalam bernavigasi, pembaruan peta secara berkala, perencanaan rute (passage plan) yang teliti, pelaksanaan drill, safety meeting.