Model Treasure Hunt Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV

Authors

  • Aldy Aldy Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia
  • Aminullah Aminullah Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia
  • Ilham Assidiq Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia
  • Muh. Idham Haliq Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia
  • Ahmad Kamil Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8429

Abstract

Upaya peningkatan hasil belajar siswa menjadi fokus utama dalam penelitian ini, khususnya pada siswa kelas IV di UPT SDN 173 Malannying, melalui penerapan model pembelajaran Treasure Hunt yang dipadukan dengan media gambar sebagai pendukung visual. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya capaian hasil belajar siswa akibat dominasi metode konvensional yang kurang menarik dan minim partisipasi aktif. Dalam studi ini, peneliti menggunakan pendekatan tindakan kelas yang mengintegrasikan metode kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan, serta berlangsung selama dua siklus pelaksanaan dan diikuti oleh 13 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 23,08% pada pra-siklus menjadi 92,31% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa pembelajaran interaktif berbasis permainan dan visual mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa.

Published

2025-07-03

How to Cite

Aldy, A., Aminullah, A., Assidiq, I. ., Haliq, M. I. ., & Kamil, A. . (2025). Model Treasure Hunt Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7171-7177. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8429