Analisis Nilai-Nilai Karakter Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Etika dan Moral
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8444Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter siswa melalui pembelajaran pendidikan pancasila berbasis etika dan moral, mengetahui permasalahan dalam menganalisis nilai-nilai karakter siswa melalui pembelajaran pendidikan pancasila berbasis etika dan moral serta untuk mengetahui upaya menganalisis nilai-nilai karakter siswa melalui pembelajaran pendidikan pancasila berbasis etika dan moral. Penelitian ini mendeskripsikan nilai karakter, permasalahan serta upaya mengatasi permasalahan yang dihadapi guru PKKn dalam meningkatkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran pendidikan pancasila berbasis etika dan moral di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang yaitu kepala sekolah, guru, dan tiga orang siswa. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa; pertama, karakter siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila menunjukkan adanya beberapa siswa yang telah menunjukkan sikap dan perilaku yang baik, seperti disiplin, sopan terhadap guru, dan aktif dalam proses pembelajaran; kedua, permasalahan yang dihadapi yakni Proses menganalisis nilai karakter siswa selama pembelajaran menghadapi beberapa kendala. Salah satu tantangan utamanya adalah perilaku siswa di dalam kelas. Ada siswa yang mudah diatur dan patuh pada aturan, sementara ada pula siswa yang menunjukkan perilaku sulit diatur dan cenderung melanggar peraturan kelas. Kemudian yang ketiga upaya mengatasi permasalahannya yaitu guru PPKn perlu memberikan penguatan nilai-nilai moral, melakukan bimbingan khusus bagi siswa yang sulit diarahkan, dan menjalin kerja sama dengan orang tua untuk memastikan pengawasan dan pembinaan karakter yang konsisten, baik di sekolah maupun di luar sekolah.