Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pendidikan Agama Katolik Siswa Fase D Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8448Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII-5 SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TTW berkontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Sebelum tindakan, tingkat ketuntasan tertinggi siswa berada pada indikator menarik kesimpulan (71%). Setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 81% dengan peningkatan yang signifikan pada kemampuan mengajukan pertanyaan kritis dan menjawab dalam konteks kehidupan nyata. Pada siklus II, seluruh indikator berpikir kritis mencapai nilai di atas 80%, dan indikator menjawab pertanyaan kontekstual mencapai 94%. Proses pembelajaran melalui tahapan berpikir, berdiskusi, dan menulis dalam model TTW memungkinkan siswa mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam dan reflektif. Dengan demikian, model TTW terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di jenjang SMP.