Penggunaan Video dalam Pembelajaran Istima’ Berbasis Techonology Enhanced Learning
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8454Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan video dalam pembelajaran istima’ bahasa Arab yang terintegrasi dengan pendekatan Technology Enhanced Learning (TEL). Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi suatu kebutuhan yang mendesak, terutama dalam penguasaan keterampilan menyimak yang membutuhkan konteks auditori dan visual yang kuat. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang melibatkan data kualitatif dan kuantitatif. Namun, temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran instan dapat meningkatkan keinginan untuk belajar, pemahaman konteks bahasa, serta kemampuan menyimak siswa secara signifika, terbukti dari uji analisis yang peneliti lakukan berdasarkan tabel nilai sig uji T adalah 0.000, yang berarti lebih kecil dari 0.05. Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menunjukkan bahwa hasil pembelajaran Maharah Istima' berbeda antara kelas eksperimen dan kontrol. Seperti yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 87,60 dan kelas kontrol sebesar 76,50, ada peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan video dalam pembelajaran Istima’ dengan pendekatan Technology Enhanced Learning (TEL) memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan menyimak siswa.