Penguatan Pendidikan Pancasila untuk Membangun Kemampuan Beradaptasi siswa dalam Konteks Multikultural di Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8457Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun beradaptasi siswa dalam konteks multukultural di SMP Negeri 14 Medan. Pendidikan multikultural diterapkan melalui strategi dan konsep pendidikan berbasis pemanfaatan keberagaman yang pada peserta didik, misalnya keberagaman etnis, budaya, bahasa, agama, gender, usia dan kemampuan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif, dengan fokus pada pengalaman siswa di lingkungan sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kemampuan beradaptasi siswa di antara siswa kelas VIII, yang dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA). Konteks multikultural membangun kemampuan beradaptasi siswa, Ketika siswa berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai budaya, mereka mulai merefleksikan identitas budaya mereka sendiri dan memahami bagaimana budaya tersebut memengaruhi pandangan dan perilaku mereka, mereka juga belajar untuk mengenali dan menghargai perbedaan dalam cara orang lain, berpikir, berkomunikasi, dan bertindak. Proses ini menumbuhkan empati dan mengurangi prasangka, yang merupakan prasyarat penting untuk adaptasi yang sukses dalam situasi baru. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pendekatan ini membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah di SMP. Penelitian ini menyimpulkan bahwa efektif untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran Pendidikan pancasila di kelas VIII. Penelitian ini merekomendasikan agar guru terus mengembangkan kemampuan beradaptasi siswa dalam konteks multikultural di sekolah menengah pertama.