Penguatan Pendidikan Pancasila untuk Membangun Kemampuan Beradaptasi siswa dalam Konteks Multikultural di Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan

Authors

  • Melva Adelia Manurung Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Ulfa Muhrijah Harahap Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Reh Bungana Br Perangin-angin Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun  beradaptasi siswa dalam konteks multukultural di SMP Negeri 14 Medan. Pendidikan  multikultural diterapkan melalui strategi dan konsep pendidikan berbasis  pemanfaatan keberagaman yang pada peserta didik, misalnya keberagaman  etnis, budaya, bahasa, agama, gender, usia dan kemampuan. Pendekatan  penelitian menggunakan kualitatif, dengan fokus pada pengalaman siswa di lingkungan sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kemampuan beradaptasi siswa di antara siswa kelas VIII, yang dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA). Konteks multikultural membangun kemampuan beradaptasi siswa, Ketika siswa berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai budaya, mereka mulai merefleksikan identitas budaya mereka sendiri dan memahami bagaimana budaya tersebut memengaruhi pandangan dan perilaku mereka, mereka juga belajar untuk mengenali dan menghargai perbedaan dalam cara orang lain, berpikir, berkomunikasi, dan bertindak. Proses ini menumbuhkan empati dan mengurangi prasangka, yang merupakan prasyarat penting untuk adaptasi yang sukses dalam situasi baru. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pendekatan ini membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah di SMP. Penelitian ini menyimpulkan bahwa efektif untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran Pendidikan pancasila di kelas VIII. Penelitian ini merekomendasikan agar guru terus mengembangkan kemampuan beradaptasi siswa dalam konteks multikultural di sekolah menengah pertama.

Published

2025-07-03

How to Cite

Manurung, M. A. ., Harahap, U. M. ., Yunita, S. ., & Perangin-angin, R. B. B. . (2025). Penguatan Pendidikan Pancasila untuk Membangun Kemampuan Beradaptasi siswa dalam Konteks Multikultural di Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7186-7191. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8457