Penerapan Guided Conversation dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8462Abstract
Guided conversation merupakan upaya untuk membimbing mahasiswa dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris. Guided conversation digunakan khususnya pada saat melakukan percakapan agar percakapan antara dua orang atau lebih dapat efektif dan komunikatif serta dapat memberikan gagasan atau ide dan berpikir kreatif pada saat berbicara bahasa Inggris. Lokasi penelitian ini berada di Politeknik Pariwisata Prima Internasional. Tujuan penelitian ini adalah memandu mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris agar lebih terstruktur dan sesuai dengan kriteria penilaian keterampilan berbicara bahasa Inggris yang meliputi fluency, grammar, vocabulary dan pronunciation. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh setelah menerapkan guided conversation didapat rata-rata skor keterampilan berbicara bahasa Inggris adalah 79,4 dengan17 responden mendapatkan excellent dan 24 responden mendapatkan kriteria “very good”. Dari hasil kriteria tersebut guided conversation dapat diterapkan pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris.