Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Penguasaan Qowa’id Bahasa Arab Siswa

Authors

  • Mariati Mariati Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Nurul Zuhriyah Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Sri Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan Qowa’id (tata bahasa) bahasa Arab siswa melalui penerapan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI IPA-7 MAN 2 Kota Bima. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari 71,33 di siklus I menjadi 83,33 di siklus II. Persentase peningkatan hasil belajar mencapai 16,82%, dan ketuntasan belajar meningkat dari 43,33% menjadi 86,67%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Qowa’id, khususnya pada pokok bahasan dhomir munfashil dan muttashil. Oleh karena itu, Quizizz direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran modern untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di lingkungan madrasah.

Published

2025-07-04

How to Cite

Mariati, M., Zuhriyah, N. ., & Wahyuningsih, S. . (2025). Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Penguasaan Qowa’id Bahasa Arab Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7313-7321. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8465